Program Pembelajaran Matematika Kelas 9 lengkap
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Nama Sekolah : SMP MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX
/ 1 (Ganjil)
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan
bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI
DASAR : 1.1. Mengidentifikasi bangun – bangun datar
yang sebangun dan kongruen.
ALOKASI WAKTU : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).)
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Pertemuan Pertama dan Kedua,
1. Peserta didik dapat mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
2. Peserta didik dapat mendiskusikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
MATERI PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan Pertama dan Kedua.
Pendahuluan
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk memperhatikan pengubinan lantai, atap atau halaman.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk mencermati unsur-unsur yang terdapat pada dua bangun datar sebangun.
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
Lingkungan
Matematika 1 untuk kelas IX SMP dan Mts.
Sumber lain yang relevan
F. Penilaian Hasil Belajar
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
|||||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
||||
· Mendiskusikan
dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar · Mengidentifikasikan
dua bangun datar sebangun atau kongruen |
Tes tertulis Tes tertulis |
Uraian Daftar
pertanyaan |
· Bangun-bangun manakah yang
sebangun dan manakah yang kongruen? Mengapa?
4 5 6 · Apakah kedua
bangun berikut ini kongruen? Mengapa?
|
Mengetahui, Kepala SMP M 2 Kalirejo ,A.Md NBM. 127 |
|
Poncowarno, 8 Mei 2019 Guru Mapel Matematika. ,S.Pd NIP. 022002 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Nama Sekolah : SMP MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX
/ 1 (Ganjil)
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR : 1.2. Mengidentifikasi sifat - sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
ALOKASI WAKTU : 4 jam pelajaran (2 pertemuan).)
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
-
Pertemuan Pertama dan Kedua,
a. Peserta didik dapat membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
b. Peserta didik dapat menyebutkan sifat sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
MATERI PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan Pertama dan Kedua.
Pendahuluan
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk memperhatikan pengubinan lantai, atap atau halaman.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga
F Peserta didik dapat menyebutkan sifat sifat dua segitiga sebangun dan kongruen
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E.
SUMBER PEMBELAJARAN
Lingkungan
Berlogika dengan Matematika 1 untuk kelas IX SMP dan Mts.
Sumber lain yang relevan
F.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
·
Membedakan
pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga. · Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan
kongruen. |
Tes lisan Tes tertulis |
|
· Kalau ΔABC sebangun dengan ΔPQR,
apakah a. sisi-sisi
yang bersesuaian sama panjang? b. sudut-sudut
yang bersesuaian sama besar? · Kalau dua
segitiga kongruen, apakah dua segitiga tersebut tentu
sebangun? Diketahui ΔABC dan ΔPQR, sebangun Sudut A =
sudut …. |
Mengetahui, Kepala SMP M 2 Kalirejo MARUF ,A.Md NBM. 8961 |
|
Poncowarno, 8 Mei 2019 Guru Mapel Matematika. ,S.Pd NIP. 1965 022002 |
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P)
Nama Sekolah : SMP MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX
/ 1 (Ganjil)
STANDAR
KOMPETENSI : 1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
KOMPETENSI DASAR : 1.3 Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
ALOKASI WAKTU : 8 jam pelajaran (4 pertemuan).
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Ø Pertemuan Pertama Kedua. Ketiga dan keempat.
Setelah selesai pembelajaran diharapkan :
1. Peserta didik dapat mengamati perbandingan sisi – sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.
2. Peserta didik dapat menggunakan kesebangunan untuk memecahkan masalah
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence
)
Tanggung jawab ( responsibility )
B.
MATERI PEMBELAJARAN
Kesebangunan
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama dan Kedua.
Pendahuluan
- Apersepsi : 1. Membahas PR yang sulit
2. Mengingat kembali syarat dua segitiga yang sebangun.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat mengamati perbandingan sisi – sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya.
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Pertemuan Ketiga dan keempat.
Pendahuluan
- Apersepsi : 1. Membahas PR yang sulit
2. Mengingat kembali syarat dua segitiga yang sebangun.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meminta Peserta didik untuk menampilkan dua bangun datar
F Meminta Peserta didik maenghitung dan membandingkannya
F Membimbing peserta didik untuk menemukan cara menyelesaikannya
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E.
SUMBER PEMBELAJARAN
Lingkungan
Sumber lain yang relevan
F.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Indikator
Pencapaian Kompetensi |
Penilaian |
||
Teknik |
Bentuk Instrumen |
Instrumen/ Soal |
|
· Menentukan
perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya · Memecahkan
masalah yang melibatkan kesebangunan. |
Tes tertulis |
Uraian |
· ∆ABC sebangun dengan ∆PQR. Panjang AB = 4 cm. Sisi yang bersesuaian
dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm. Jika panjang sisi BC = 5 cm,
maka panjang sisi QR adalah …. · Sebuah foto
ukuran 3 X 4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut menjadi 60 cm. Kertas foto yang
diperlukan untuk membuat foto yang diperbesar tersebut adalah …..cm2. |
Mengetahui, Kepala SMP M 2 Kalirejo YAHYA,A.Md NBM. 127 |
|
Poncowarno, 8 Mei 2019 Guru Mapel Matematika. ,S.Pd NIP. 022002 |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : SMP MUHAMMADIYAH 2 KALIREJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : IX
/ 1 (Ganjil)
STANDAR
KOMPETENSI
: 2. Memahami sifat – sifat tabung, kerucut, dan bola serta
menentukan ukurannya.
KOMPETENSI DASAR : 2.1. Mengidentifikasi unsur – unsur tabung kerucut dan bola
ALOKASI WAKTU : 2 Jam Pelajaran ( 2 x 40 menit )
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai pembelajaran peserta didik diharap dapat :
Menyebutkan unsur – unsur dari tabung , kerucut dan bola : jari-jari, diameter, tinggi, sisi, alas
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. MATERI PEMBELAJARAN
Tabung,kerucut dan bola
C.
METODE PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Pembelajaran kooperatif
2. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab dan Pemberian Tugas.
D. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pendahuluan
- Apersepsi : Peserta didik diajak untuk memperhatikan bangun ruang yang terdapat di sekitar tempat pembelajaran.
- Motivasi : 1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
2. Guru menginformasikan metode pembelajaran yang akan digunakan
3. Materi Tabung, Kerucut dan Bola sangat banyak manfaatnya dalam kegidupan
sehari-hari.
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik dapat Menyebutkan unsur – unsur dari tabung , kerucut dan bola : jari-jari, diameter, tinggi, sisi, alas
F materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi,
program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas
individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E.
SUMBER PEMBELAJARAN
Lingkungan
Buku Peserta didik
LKS
Sumber lain yang relevan
Posting Komentar untuk "Program Pembelajaran Matematika Kelas 9 lengkap"