Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dimensi Proses Berpikir, Dan Proses Keterampilan Serta Aspek HOTS Berdasarkan Bahan Bacaan

LEMBAR KERJA DAN RUBRIK LK-1 Kajian Konsep HOTS

Tujuan :

Setelah mengerjakan Lembar Kerja ini diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi pengetahuan, dimensi proses berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS berdasarkan bahan bacaan.

Langkah-langkah:

1.       Mengkaji konsep HOTS mengunakan LK-1a dengan langkah sebagai berikut:

a.         Cermatilah contoh video pembelajaran HOTS!

b.        Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran tersebut!

2.       Melakukan Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan mengunakan lembar kegiatan (LK-1b sampai LK-1d) dengan cara:

1.       Untuk jenjang SD (Tematik Terpadu) : memilih KD berpasangan pada satu pembelajaran (PB) pada salah satu sub tema yang diajarkan pada semester yang sedang berjalan!

2.       Untuk jenjang SMP/SMA/SMK  (Mata Pelajaran): memilih KD berpasangan pada semester yang sedang berjalan!

3.       Tulislah pasangan KD dan tentukan target dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.b!

4.       Tentukan tingkat kompetensi dari KD pengetahuan berdasarkan pada dimensi pengetahuan dan proses berfikir pada sumbu simetris KD pengetahuan serta menentukan gradasi Kata Kerja Operasional (KKO) IPK pada LK-1.c!

5.       Tentukan IPK dan materi pembelajaran dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.d!


 


LK-1a Analisis Video Pembelajaran

Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Lietarasi dan HOTS pada Lk berikut!

Kegiatan Pembelajaran HOTS

PPK

1.       Memberi salam

2.       Berdoa

3.       Absensi

Literasi

 

 

1.       Melihat gambar-gambar di PPT

2.       Melihat video tentang himpunan

Transfer Knowledge

(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan TK (c4-c6))

1.       Membagi kelompok

2.       Pemberian LK di setiap kelompok

 

Critical thinking, Creativity

(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan CC)

1.       Siswa berdiskusi secara kelompok tentang cara membuat diagram venn

2.       Siswa membuat diagram venn dari gambar-gambar hewan yang diberikan

3.       Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas

4.       Siswa dari kelompok lain bertanya kepada kelompok yang sedang mepresentasikan

 

 

Problem Solving

(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan PS)

1.       Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapat tentang diagram venn

2.       Guru bersama siswa bersama-sama  menyimpulkan hasil diskusi yaitu tentang banyak diargam venn

 

 

 


LK 1b – 1d

Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema            : Matematika/Himpunan

Kelas                                                                     : VII

Kompetensi Inti                                               : 3. Memahami pengetahuan (faktual,

konseptual, dan prosedural)

berdasarkan rasa ingin tahunya

tentang ilmu pengetahuan,

teknologi, seni, budaya terkait

fenomena dan kejadian tampak mata

 

4. Mencoba, mengolah, dan menyaji

dalam ranah konkret

(menggunakan, mengurai,

merangkai, memodifikasi, dan

membuat) dan ranah abstrak

(menulis, membaca, menghitung,

menggambar, dan mengarang)

sesuai dengan yang dipelajari di

sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

LK-1b. Pasangan KD dan Target dari KD pengetahuan dan Keterampilan

KD Pengetahuan :

Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual

Target KD Pengetahuan :

1.       Menjelaskan tentang himpunan

2.       Menjelaskan tentang himpunan bagian

3.       Menjelaskan tentang himpunan semesta

4.       Menjelaskan tentang himpunan kosong

5.       Menjelaskan tentang komplemen himpunan

6.       Melakukan operasi biner pada himpunan

 

KD Keterampilan :

Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan

Target KD Keterampilan :

1.       Menyelesaikan masalah kontekstual tentang himpunan

2.       Menyelesaikan masalah kontekstual tentang himpunan bagian

3.       Menyelesaikan masalah kontekstual tentang himpunan semesta

4.       Menyelesaikan masalah kontekstual tentang himpunan kosong

5.       Menyelesaikan masalah kontekstual tentang komplemen himpunan

6.       Menyelesaikan masalah kontekstual tentang operasi biner pada himpunan

 

LK-1d. Format Perumusan IPK

No

KD

Tingkat Kompetensi KD

Proses Berpikir

(C1-C6)

Dimensi Pengetahuan

IPK

Materi dan Sub Materi

 

1

3.3. Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual

 

 

Dimensi Pengetahuan:

Menjelaskan (C2)

Konseptual

 

Proses Berpikir dan Dimensi Pengetahuan:

 

Menjelaskan (C2)

Konseptual

 

 

 

Melakukan (C3) Prosedural

IPK Penunjang:

Menjelaskan jenis-jenis kumpulan bilangan

 

 

Himpunan

 

IPK Kunci:

3.4.1 Membedakan himpunan dan bukan himpunan

3.4.2 Menyebutkan contoh himpunan dan contoh bukan himpunan

3.4.3 Memahami keanggotaan suatu himpunan

3.4.4 Menyajikan himpuan dengan mendaftarkan anggotanya

3.4.5 Menyajikan himpunan dengan menyatakan sifat yang dimiliki anggotanya

3.4.6 Menyajikan himpunan dengan menuliskan notasi pembentuk himpunan

3.4.7 Menjelaskan definisi tentang konsep himpunan semesta dan diagram venn

 

3.4.8 Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan himpunan semesta dan diagram venn

3.4.9 Mengomunikasikan konsep himpunan semesta dan diagram venn

3.4.10 Menjelaskan konsep himpunan kosong

3.4.11 Menentukan kardinalitas suatu himpunan

3.4.12 Menyebutkan himpunan bagian dari suatu himpunan

3.4.13 Menyatakan himpunan kuasa dari suatu himpunan

3.4.14 Menjelaskan definisi tentang irisan dua himpunan atau lebih

3.4.15 Menentukan keanggotaan hasil irisan dua himpunan atau lebih

3.4.16 Menuliskan keanggotaan hasil gabungan dua himpunan atau lebih

3.4.17 Menentukan keanggotaan hasil pengurangan atau selisih dua himpunan atau lebih

3.4.18 Menentukan keanggotaan komplemen suatu himpunan

 

Himpunan

Proses Berpikir:

Melakukan (C3) Prosedural

IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)

3.4.19 Merepresentasikan masalah kontekstual dalam bentuk diagram venn

 

 

2

KD Keterampilan

4.4. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan

 

 

Tingkat Keterampilan:

 

 

 

Langkah Proses Keterampilan:

 

 

IPK Penunjang:

 

 

IPK Kunci:

4.4.1. menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan

4.4.2. menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian,

4.4.3. menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan semesta,

4.4.4. menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan kosong,

4.4.5. menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan komplemen himpunan,

4.4.6. menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual.

 

 

 

IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)

 

 

 

 

 

 

Rubrik Konsep  HOTS    

 

Rubrik  ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja konsep HOTS

Langkah-langkah penilaian hasil kajian:

1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-1!

2.       Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

 

Kriteria Penilaian:

1.         Menuliskan kegiatan integrasi PPK pada video dengan tepat.

2.         Menuliskan kegiatan integrasi LIterasi pada video dengan tepat.

3.         Menuliskan kegiatan yang termasuk transfer knowledge, critical creativity dan problem solving pada video dengan tepat.

4.         Menyusun pasangan KD dengan tepat

5.         Menuliskan sumbu simetri pengetahuan secara tepat

6.         Merumuskan IPK secara tepat

 

Rubrik Penilaian:                  

Nilai

Rubrik

90 < nilai £100

Enam  aspek sesuai dengan kriteria

80 < nilai £90

Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai

70 < nilai £80

Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai

60 < nilai £70

Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai

<60

Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai

 


Posting Komentar untuk "Dimensi Proses Berpikir, Dan Proses Keterampilan Serta Aspek HOTS Berdasarkan Bahan Bacaan"