Dimensi Proses Berpikir, Dan Proses Keterampilan Serta Aspek HOTS Berdasarkan Bahan Bacaan
LEMBAR KERJA DAN RUBRIK LK-1 Kajian Konsep HOTS
Tujuan
:
Setelah mengerjakan Lembar Kerja ini
diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi pengetahuan, dimensi proses
berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS berdasarkan bahan bacaan.
Langkah-langkah:
1. Mengkaji konsep HOTS mengunakan LK-1a dengan langkah sebagai berikut:
a.
Cermatilah contoh video pembelajaran HOTS!
b.
Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran
tersebut!
2. Melakukan Analisis KD Pengetahuan dan
Keterampilan mengunakan lembar kegiatan (LK-1b sampai LK-1d) dengan
cara:
1. Untuk jenjang SD (Tematik
Terpadu) : memilih KD berpasangan pada satu pembelajaran (PB) pada salah satu
sub tema yang diajarkan pada semester yang sedang berjalan!
2. Untuk jenjang SMP/SMA/SMK (Mata Pelajaran): memilih KD berpasangan pada
semester yang sedang berjalan!
3. Tulislah pasangan KD dan
tentukan target dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.b!
4. Tentukan tingkat kompetensi
dari KD pengetahuan berdasarkan pada dimensi pengetahuan dan proses berfikir
pada sumbu simetris KD pengetahuan serta menentukan gradasi Kata Kerja
Operasional (KKO) IPK pada LK-1.c!
5. Tentukan IPK dan materi
pembelajaran dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.d!
LK-1a Analisis Video Pembelajaran
Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Lietarasi dan
HOTS pada Lk berikut!
Kegiatan
Pembelajaran HOTS |
|
PPK |
1. Memberi salam 2. Berdoa 3. Absensi |
Literasi
|
1. Melihat gambar-gambar
di PPT 2. Melihat video tentang
himpunan |
Transfer Knowledge (kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan TK
(c4-c6)) |
1. Membagi kelompok 2. Pemberian LK di setiap
kelompok |
Critical
thinking, Creativity (kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan CC) |
1. Siswa berdiskusi
secara kelompok tentang cara membuat diagram venn 2. Siswa membuat diagram
venn dari gambar-gambar hewan yang diberikan 3. Siswa mempresentasikan
hasil kerja kelompok di depan kelas 4. Siswa dari kelompok
lain bertanya kepada kelompok yang sedang mepresentasikan
|
Problem
Solving (kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan PS) |
1. Siswa diberikan
kesempatan untuk mengemukakan pendapat tentang diagram venn 2. Guru bersama siswa
bersama-sama menyimpulkan hasil
diskusi yaitu tentang banyak diargam venn
|
LK 1b – 1d
Mata
Pelajaran/Tema/Sub Tema : Matematika/Himpunan
Kelas : VII
Kompetensi Inti : 3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual,
dan prosedural)
berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang
ilmu pengetahuan,
teknologi,
seni, budaya terkait
fenomena
dan kejadian tampak mata
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam
ranah konkret
(menggunakan,
mengurai,
merangkai,
memodifikasi, dan
membuat)
dan ranah abstrak
(menulis,
membaca, menghitung,
menggambar,
dan mengarang)
sesuai
dengan yang dipelajari di
sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
LK-1b. Pasangan KD dan Target dari
KD pengetahuan dan Keterampilan
KD Pengetahuan : Menjelaskan
himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen
himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah
kontekstual Target KD Pengetahuan : 1.
Menjelaskan tentang himpunan 2.
Menjelaskan tentang himpunan bagian 3.
Menjelaskan tentang himpunan semesta 4.
Menjelaskan tentang himpunan kosong 5.
Menjelaskan tentang komplemen himpunan 6.
Melakukan operasi biner pada himpunan
|
KD Keterampilan : Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan Target KD Keterampilan : 1.
Menyelesaikan masalah kontekstual tentang himpunan 2.
Menyelesaikan masalah kontekstual tentang himpunan bagian 3.
Menyelesaikan masalah kontekstual tentang himpunan semesta 4.
Menyelesaikan masalah kontekstual tentang himpunan kosong 5.
Menyelesaikan masalah kontekstual tentang komplemen himpunan 6.
Menyelesaikan masalah kontekstual tentang operasi biner pada himpunan |
LK-1d. Format Perumusan IPK
No |
KD |
Tingkat Kompetensi KD |
Proses Berpikir (C1-C6) Dimensi Pengetahuan |
IPK |
Materi dan Sub Materi |
|
1 |
3.3. Menjelaskan
himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen
himpunan, dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah
kontekstual |
|
||||
|
Dimensi Pengetahuan: Menjelaskan (C2) Konseptual
|
Proses Berpikir dan Dimensi Pengetahuan:
Menjelaskan (C2) Konseptual Melakukan (C3) Prosedural |
IPK Penunjang: Menjelaskan
jenis-jenis kumpulan bilangan
|
Himpunan |
|
|
IPK Kunci: 3.4.1 Membedakan himpunan dan
bukan himpunan 3.4.2 Menyebutkan contoh
himpunan dan contoh bukan himpunan 3.4.3 Memahami keanggotaan
suatu himpunan 3.4.4 Menyajikan himpuan
dengan mendaftarkan anggotanya 3.4.5 Menyajikan himpunan
dengan menyatakan sifat yang dimiliki anggotanya 3.4.6 Menyajikan himpunan
dengan menuliskan notasi pembentuk himpunan 3.4.7 Menjelaskan definisi
tentang konsep himpunan semesta dan diagram venn
3.4.8 Menyelesaikan masalah
nyata yang berkaitan dengan himpunan semesta dan diagram venn 3.4.9 Mengomunikasikan konsep
himpunan semesta dan diagram venn 3.4.10 Menjelaskan konsep
himpunan kosong 3.4.11 Menentukan
kardinalitas suatu himpunan 3.4.12 Menyebutkan himpunan
bagian dari suatu himpunan 3.4.13 Menyatakan himpunan
kuasa dari suatu himpunan 3.4.14 Menjelaskan definisi
tentang irisan dua himpunan atau lebih 3.4.15 Menentukan keanggotaan
hasil irisan dua himpunan atau lebih 3.4.16 Menuliskan keanggotaan
hasil gabungan dua himpunan atau lebih 3.4.17 Menentukan keanggotaan
hasil pengurangan atau selisih dua himpunan atau lebih 3.4.18 Menentukan keanggotaan
komplemen suatu himpunan
|
Himpunan |
|||||
Proses Berpikir: Melakukan (C3) Prosedural |
||||||
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib) 3.4.19
Merepresentasikan masalah kontekstual dalam bentuk diagram venn
|
|
|||||
2 |
KD Keterampilan 4.4. Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan, himpunan bagian, himpunan
semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan |
|
||||
|
Tingkat Keterampilan:
|
Langkah Proses Keterampilan:
|
IPK Penunjang:
|
|
||
IPK Kunci: 4.4.1. menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan himpunan 4.4.2. menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian, 4.4.3. menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan himpunan semesta, 4.4.4. menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan himpunan kosong, 4.4.5. menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan komplemen himpunan, 4.4.6. menyelesaikan masalah
kontekstual yang berkaitan dengan operasi biner pada himpunan menggunakan
masalah kontekstual.
|
|
|
||||
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
|
|
|
Rubrik Konsep
HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator
untuk menilai hasil kerja konsep HOTS
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati
tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-1!
2.
Berikan
nilai berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik
berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Menuliskan kegiatan integrasi PPK pada video dengan tepat.
2.
Menuliskan kegiatan integrasi LIterasi pada
video dengan tepat.
3.
Menuliskan kegiatan yang
termasuk transfer knowledge, critical
creativity dan problem solving
pada video dengan
tepat.
4.
Menyusun pasangan KD dengan
tepat
5.
Menuliskan sumbu simetri
pengetahuan secara tepat
6.
Merumuskan IPK secara tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai |
Rubrik |
90 < nilai £100 |
Enam aspek sesuai dengan kriteria |
80 < nilai £90 |
Lima aspek
sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang
sesuai |
70 < nilai £80 |
Empat aspek
sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang
sesuai |
60 < nilai £70 |
Tiga aspek
sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai |
<60 |
Dua aspek
sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai |
Posting Komentar untuk "Dimensi Proses Berpikir, Dan Proses Keterampilan Serta Aspek HOTS Berdasarkan Bahan Bacaan"