Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian pengantar cerita dalam teks cerita fantasi



Cerita fantasi adalah cerita rekaan yang penuh dengan unsur keajaiban, hal-hal yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata, dan seringkali berlatar di dunia lain. Contoh cerita fantasi yang populer termasuk cerita tentang kerajaan magis, pahlawan dengan kekuatan super, atau petualangan di dunia yang penuh dengan makhluk mitologi.

 

KREATIF MENULIS TEKS CERITA FANTASI

 

Nama Penyusun

Intan Citra Andini

Kode Perangkat

IND . D . ERM .                              7. 1

Institusi

SMP NEGERI I KALIREJO

Jenjang/Kelas

SMP/VII

Alokasi waktu

80 Menit  (2 X tatap muka)

Mapel

Bahasa Indonesia

Domain Mapel

Menulis

Jumlah Siswa

32

Fase Capaian

Pembelajaran

D

Model pembelajaran

Tatap muka

 

 

 

 

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

 

7.1.   :Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu mengevaluasi informasi melalui penilaian ketepatan gagasan, pikiran, arahan, pandangan, atau pesan dari teks deskripsi, laporan,  narasi, rekon,eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks tulis, visual, audiovisual dengan membandingkan informasi   tersebut dengan pengalaman dan

pengetahuannya. Peserta didik juga mampu menilai pemilihan diksi, kosakata, serta cara penyajian data sesuai dengan tipe teks dan tujuan penulisan  ada teks iksi dan informasional secara sederhana. Peserta didik menilai elemen intrinsik seperti alur dan perubahan sikap tokoh dalam teks iksi. Peserta didik mulai mampu menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi informasi pada teks yang sesuai jenjangnya

 

1.        Peserta didik dapamenemukan informas eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat

2.        Peserta didik mengidentiikasI gaya penulisan teks deskripsi di media sosia dengan menuliskan kalima ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik.

3.        Peserta didik mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul dengan menemukan arti kata pada kamus secara mandiridan tepat.

4.    Peserta didik berlati mengenali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan memikat pembaca sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan menemukenali kalimat majas personiikasi

 

 

   KATA KUNCI

 

Menulis Cerita Fantasi

 

   PERTANYAAN INTI

 

1.     Mengapa pelajar menulis teks fantasi?

2.     Mengapa menulis teks fantasi berdasarkan cerita fantasi yang didengar/dilihat?

3.     Bagaimana menulis teks cerita fantasi berdasarkan cerita yang didengar/dilihat?

Pengetahuan

Awal  dan/atau keterampilan

/ kompetensi apa yang perlu dimiliki siswa   sebelum mempelajari

topik ini?

 

  Kompetensi awal

a.       Pelajar  memahami teks cerita fantasi

b.       Pelajar memahami unsur-unsur cerita fantasi

c.        Pelajar mengidentifikasi struktur kebahasaan cerita fantasi

d.       Pelajar menyajikan gagasan kreatif

 

Profil Pelajar Pancasila yang berkaitan

1.        Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berahlaq Mulia,

2.        sikap gotong royong,

3.        kebinekaan global,

4.        kreatif

 

 

Sarana Prasarana

-     Guru menyiapkan objek kegiatan sekolah terbaru untuk dijadikan model teks deskripsi

-     Bila memungkinkan guru menyiapkan satu teks deskripsi berdasarkan objek di lingkungan sekolah, ini sebagai teladan bagi siswa bahwa guru dapat menulis teks

-     Presentasi langkah-langkah menulis teks deskripsi berdasarkan lingkungan sekolah

 

 

Target peserta didik

 

Perangkat ajar inI dapat digunakan guru untuk mengajar: Peserta didik reguler/tipikal Peserta didik dengan hambatan belajar

Peserta didik cerdas istimewa berbakat istimewa (CIBI)

 

 

Ketersediaan MATERI

 

 

a.       Pengayaan untuk peserta didik CIBI atau yang berpencapaian tinggi: YA / TIDAK

b.       . Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk peserta didik yang sulit memahami konsep: YA / TIDAK

Model pembelajaran

Paduan antara tatap muka dan PJJ (blended learning)

Asesmen

Bagaimana guru menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran? Asesmen individu

Jenis asesmen:

Tertulis (tes objektif, esai)

 

 

 

 

 

Kegiatan pembelajaran utama

 

 

 

 

 

 

Pengaturan peserta didik: individu dan kelompok (bila tatap muka)

 

Metode:

1.            Ceramah : diperlukan guru untuk menjelaskan langkah-langkah menulis teks deskripsi berdasarkan lingkungan sekolah disertai contoh teks deskripsi.

2.            Diskusi: diperlukan guru untuk bertukar ide, mengambil keputusan dan atau menjawab sebuah pertanyaan. Dilakukan dengan siswa bertukar hasil tulisan teks deskripsi  untuk diperiksa (bila tatap muka).

3.            Presentasi: dilakukan bagi peserta didik CIBI mempresentasikan hasil teks berita  dan menceritakan bagaimana proses penulisan yang peserta didik CIBI lakukan.

4.            Eksplorasi : peserta didik melakukan pencarian data dengan bertanya kepada teman, guru, atau panitia pelaksana kegiatan

sekolah, berkenaan dengan foto kegiatan sekolah yang dipilihnya.

 

 

Materi        ajar, alat, dan  bahan

b. Alat dan bahan yang diperlukan

Alternatif pembelajaran: Tatap Muka

Lingkungan sekolah

Bila Daring, WA dan Google Classroom

 

 

 

Kegiatan pembelajaran

Kegiatan awal

1.     Guru memberikan salam

2.     Guru mengaitkan lingkungan sekolah dengan materi teks deskripsi

3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

 

Kegiatan inti

1.       Mengakses informasi dan mengambil simpulan dari teks “Pantan Terong yang Instagramable

(mengenal strategi membaca yang benar)

2.       Mengenali gayapenulisan pada teks “Pantan Terong yang Instagramable” dimedia sosial daring

(menemukan gaya penulisan)

3.       Menjelajahi arti kata menggunakan kamus. (peserta didik belajar menggunakan kamus)

4.       Menyelisik ragam bahasa dalam teks deskripsi (peserta didik belajar meningkatkan keragaman kosa kata)

Penutup

1.       Siswa dan guru melakukan refleksi

2.       Pemberian tugas rumah

 

 


C. Asesmen

Sebelum pembelajaran / diagnostik

Penilaian sikap/ profil pelajar pancasila melalui observasi (penilaian diri, teman sejawat dan anekdotal)

Saat pembelajaran / formatif / tertulis tes

 

Lembar Kerja Peserta Didik

 

Kriteria Penilaian

1.)  Kelengkapan aspek formal cerita (memuat judul, nama pengarang, dan dialok naskah)

2.)  Kelengkapan unsur intrinsik cerita (memuat fakta cerita, sarana cerita, dan pengembangan pola cerita)

3.)  Kesesuaian penggunaan bahasa (menggunakan kaidah EBI)

 

Tulislah sebuah cerita teks fantasi berdasarkan gagasan yang kamu ciptakan dengan memperhatikan kriteria penilaian!

 

A.   Pengayaan:  Dilaksanakan pada siswa yang mendapat capaian tinggi sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal

 

B.   Remedial:     Dilaksanakan pada siswa yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi dengan mengulang materi.

 

C.    Glosarium

Formal :

Dialok :

Fakta :

Sarana :

Ebi :

D.   Daftar pustaka

a.    Bahasa Indonesia, kementrian pendidikan dan  kebudayaan, riset dan teknologi badan penelitian dan pengembangan dan pembukuan pusat kurikulum dan pembukuan

b.    Lingkungan

 

 

 

 

Mengetahui                                                                Kalirejo, 20 Agustus 2021

Kepala SMP Negeti I Kalirejo                                      Guru Mata Pelajaran

 

 

Rusmiyati, M.Pd.I                                                        Intan Citra Andini, S.Pd

NIP.197008211995122001                                                      

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  

Posting Komentar untuk "Bagian pengantar cerita dalam teks cerita fantasi"