Bagian pengantar cerita dalam teks cerita fantasi
KREATIF MENULIS TEKS CERITA FANTASI |
|||
Nama Penyusun |
Intan Citra Andini |
Kode Perangkat |
IND . D . ERM . 7. 1 |
Institusi |
SMP
NEGERI I KALIREJO |
Jenjang/Kelas |
SMP/VII |
Alokasi waktu |
80 Menit (2
X tatap muka) |
Mapel |
Bahasa Indonesia |
Domain Mapel |
Menulis |
Jumlah Siswa |
32 |
Fase Capaian Pembelajaran |
D |
Model pembelajaran |
Tatap muka |
TUJUAN PEMBELAJARAN |
7.1. :Membaca dan Memirsa Peserta didik mampu mengevaluasi informasi
melalui penilaian ketepatan gagasan, pikiran, arahan, pandangan, atau pesan
dari teks deskripsi, laporan, narasi,
rekon,eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks tulis, visual, audiovisual
dengan membandingkan informasi
tersebut dengan pengalaman dan pengetahuannya. Peserta didik juga mampu
menilai pemilihan diksi, kosakata, serta cara penyajian data sesuai dengan
tipe teks dan tujuan penulisan ada
teks iksi dan informasional secara sederhana. Peserta didik menilai elemen
intrinsik seperti alur dan perubahan sikap tokoh dalam teks iksi. Peserta
didik mulai mampu menggunakan sumber informasi lain untuk menilai akurasi
informasi pada teks yang sesuai jenjangnya
1.
Peserta didik
dapamenemukan informas eksplisit pada teks deskripsi dan menyimpulkannya
melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan tepat 2.
Peserta didik
mengidentiikasI gaya penulisan teks deskripsi di media sosia dengan
menuliskan kalima ungkapan yang menyapa pembaca dengan baik. 3.
Peserta didik
mengembangkan pemahamannya terhadap kata-kata yang jarang muncul dengan
menemukan arti kata pada kamus secara mandiridan tepat. 4.
Peserta didik
berlati mengenali gaya penyajian teks deskripsi yang efektif dan memikat
pembaca sasaran melalui latihan menuliskan ulang kalimat perincian dan
menemukenali kalimat majas personiikasi |
KATA KUNCI |
Menulis Cerita Fantasi |
PERTANYAAN INTI |
1.
Mengapa pelajar menulis teks fantasi? 2. Mengapa menulis
teks fantasi berdasarkan cerita
fantasi yang didengar/dilihat? 3. Bagaimana menulis
teks cerita fantasi berdasarkan cerita yang didengar/dilihat? |
Pengetahuan Awal dan/atau keterampilan / kompetensi apa yang perlu dimiliki siswa sebelum mempelajari topik
ini? |
Kompetensi awal a.
Pelajar memahami teks cerita fantasi b.
Pelajar
memahami unsur-unsur cerita fantasi c.
Pelajar
mengidentifikasi struktur kebahasaan cerita fantasi d.
Pelajar
menyajikan gagasan kreatif
|
Profil
Pelajar Pancasila yang berkaitan |
1.
Beriman
dan Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan Berahlaq Mulia, 2.
sikap
gotong royong, 3.
kebinekaan
global, 4.
kreatif |
Sarana Prasarana |
- Guru
menyiapkan objek
kegiatan sekolah terbaru
untuk dijadikan model teks deskripsi -
Bila memungkinkan guru menyiapkan satu teks deskripsi
berdasarkan objek di lingkungan sekolah, ini sebagai teladan bagi
siswa bahwa guru
dapat menulis teks -
Presentasi
langkah-langkah menulis
teks deskripsi
berdasarkan lingkungan
sekolah |
Target
peserta didik |
Perangkat ajar inI dapat digunakan guru untuk
mengajar: Peserta didik reguler/tipikal
Peserta didik dengan hambatan belajar Peserta didik
cerdas istimewa berbakat istimewa (CIBI)
|
Ketersediaan MATERI
|
b. . Alternatif penjelasan, metode, atau aktivitas, untuk peserta didik
yang sulit memahami konsep: YA |
Model pembelajaran |
Paduan antara tatap
muka dan PJJ
(blended learning) |
Asesmen |
Bagaimana guru menilai
ketercapaian Tujuan Pembelajaran? Asesmen individu Jenis asesmen: Tertulis (tes
objektif, esai) |
Kegiatan pembelajaran utama
|
Pengaturan peserta didik: individu dan kelompok (bila tatap
muka)
Metode: 1.
Ceramah : diperlukan guru untuk menjelaskan langkah-langkah menulis teks deskripsi berdasarkan lingkungan sekolah disertai
contoh teks deskripsi. 2.
Diskusi: diperlukan guru untuk bertukar
ide, mengambil keputusan dan atau menjawab
sebuah pertanyaan. Dilakukan dengan siswa bertukar
hasil tulisan teks deskripsi untuk diperiksa (bila tatap muka). 3.
Presentasi: dilakukan bagi
peserta didik CIBI
mempresentasikan hasil teks
berita dan menceritakan bagaimana proses penulisan yang peserta didik
CIBI lakukan. 4.
Eksplorasi : peserta didik melakukan pencarian data dengan bertanya kepada
teman, guru, atau
panitia pelaksana kegiatan sekolah, berkenaan dengan foto kegiatan sekolah yang dipilihnya. |
Materi ajar, alat,
dan bahan |
b. Alat dan bahan yang
diperlukan Alternatif pembelajaran:
Tatap Muka Lingkungan sekolah Bila Daring, WA dan Google Classroom |
Kegiatan pembelajaran |
Kegiatan awal 1. Guru memberikan salam 2. Guru mengaitkan lingkungan sekolah dengan
materi teks deskripsi 3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti 1. Mengakses informasi dan mengambil simpulan dari teks “Pantan
Terong yang Instagramable (mengenal strategi membaca yang benar) 2. Mengenali gayapenulisan pada teks “Pantan Terong yang
Instagramable” dimedia sosial daring (menemukan gaya penulisan) 3. Menjelajahi arti kata menggunakan kamus. (peserta didik belajar
menggunakan kamus) 4. Menyelisik ragam bahasa dalam teks deskripsi (peserta didik
belajar meningkatkan keragaman kosa kata) Penutup 1. Siswa dan guru melakukan refleksi 2. Pemberian tugas rumah
|
C. Asesmen
Sebelum pembelajaran / diagnostik
Penilaian sikap/ profil
pelajar pancasila melalui observasi (penilaian diri, teman sejawat dan
anekdotal)
Saat pembelajaran / formatif
/ tertulis tes
Lembar Kerja Peserta Didik
Kriteria
Penilaian
1.)
Kelengkapan
aspek formal cerita (memuat judul, nama pengarang, dan dialok naskah)
2.)
Kelengkapan
unsur intrinsik cerita (memuat fakta cerita, sarana cerita, dan pengembangan
pola cerita)
3.)
Kesesuaian
penggunaan bahasa (menggunakan kaidah EBI)
Tulislah sebuah cerita teks fantasi berdasarkan gagasan yang kamu ciptakan
dengan memperhatikan kriteria penilaian!
A. Pengayaan: Dilaksanakan pada siswa yang mendapat capaian
tinggi sehingga mereka dapat mengembangkan potensinya secara optimal
B. Remedial: Dilaksanakan pada siswa yang membutuhkan
bimbingan untuk memahami materi dengan mengulang materi.
C. Glosarium
Formal :
Dialok :
Fakta :
Sarana :
Ebi :
D. Daftar pustaka
a. Bahasa Indonesia, kementrian
pendidikan dan kebudayaan, riset dan
teknologi badan penelitian dan pengembangan dan pembukuan pusat kurikulum dan
pembukuan
b. Lingkungan
Mengetahui Kalirejo,
20 Agustus 2021
Kepala SMP Negeti I Kalirejo Guru
Mata Pelajaran
Rusmiyati, M.Pd.I Intan
Citra Andini, S.Pd
NIP.197008211995122001
Posting Komentar untuk "Bagian pengantar cerita dalam teks cerita fantasi"