Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Judul Kurikulum Merdeka



BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

 

Undang-undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan tersusunnya kurikulum pada tingkat satuan pendidikan  jenjang  menengah dengan mengacu kepada standar isi dan standar kompetensi lulusan serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

 

Dengan dasar diatas maka sejak tahun 2006 Depdiknas sudah melakukan workshop implementasi KURIKULUM MERDEKA kepada TPK Provinsi dan Kabupaten / Kota. Semua sekolah dapat mengimplementasikan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) selambat-lambatnya tahun pelajarn 2009-2010.Karena beberapa faktor Depdiknas belum dapat melaksanakan sosialisai dan pelatihan sentang standar isi dan Standar Kompetensi Lulusan keseluruh sekolah yang ada.

SMP Negeri 1 Kalirejo sudah menyusun Kurikulum Sekolah sejak tahun 2007, tetapi sampai tahun pelajaran 2009-2010 selalu melakukan revisi disesuaikan perkembangan , situasi dan kondisi sekolah.Setiap penyusunan Kurikulum Sekolah pada awal tahun pelajaran selalu membutuhkan pembiayaan atau dana untuk menyusun draft, merevisi dan mensosialisasi.

 

B.     Tujuan

Tujuan umum adalah memfasilitasi SMP penerima subsidi untuk dapat mengembangkan dan mengimplementasikan Standar Isi ( SI ) dan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) atau KURIKULUM MERDEKA  dengan baik selambat-lambatnya pada tahun 2009-2010.

Tujuan Khusus adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan guru dan kepala sekolah pada :

1.      Standar Nasional Pendidikan ( SNP )

2.      Mengembangkan / menyusun KTSP

3.      Mengembangkan bahan ajar sesuai KTSP

4.      Mengembangkan pembelajaran IPA dan IPS terpadu.

5.      Mengembangkan pembelajaran kontekstual

6.      Mengembangkan media pembelajaran

7.      Mengembangkan media pembelajaran

8.      Mengembangkan penilaian berbasis kelas

9.      Meningkatkan profesionalisme yang berkelanjutan

C.    Hasil yang diharapkan

Adapun hasil yang diharapkan dengan adanya subsidi bimbingan teknis KURIKULUM MERDEKA adalah sekolah dapat menyusun kurikulumnya dengan benar sesuai petunjuk dari BSNP dan dapat mengimplementasikan semua kegiatan sesuai program dan rencana yang telah di susun berdasarkan  situasi dan kondisi.

 

D.    Sumber dana

Subsidi Bimbingan teknis KURIKULUM MERDEKA  ini Rujukan Surat Keputusan  Kepala Dinas pendidikan Propinsi Lampung .

Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Lampung No. 153/ III. 01 / DP.3 / P2M-SMP /Q / 2009, tanggal 06 Juli 2009 tentang Rekapitulasi Penerima Subsidi Bimbingan Teknis KTSP.

 

BAB II 

PROFIL SEKOLAH

 

A. Profil Sekolah

1.   Nama Sekolah                         :  SMP NEGERI 1 Kalirejo

2.    No. Statistik Sekolah                          :   201120211034 

3.    Tipe Sekolah                                        :   B

4.    Alamat Sekolah                                   :   Jl. Ki Hajar Dewantoro No. 1 Kaliwungu

                                                                        :   (Kecamatan) Kalirejo

                                                                        :   (Kabupaten/Kota ) Lampung Tengah

                                                                        :   (Propinsi) Lampung

5.     Telepon/HP/Fax                                  :  0729-370182/ smpkalirejosmp@yahoo.co.id

6.     Status Sekolah                                      :   Negeri

7.     Nilai Akreditasi Sekolah                    : A (Amat Baik)

8.     Data Siswa 4 (empat tahun terakhir):

 

Th. Pelajaran

Jml Pendaftar

(Cln Siswa Baru)

Kelas VII

Kelas VIII

Kelas IX

Jumlah

 (Kls. VII + VIII + IX)

Jml Siswa

Jumlah Rombel

Jml Siswa

Jumlah Rombel

Jml Siswa

Jumlah Rombel

Siswa

Rombel

2005/2006

379

237

6

235

6

232

6

703

18

2006/2007

423

235

6

239

6

232

6

706

18

2007/2008

416

240

6

234

6

235

6

709

18

2008/2009

413

225

6

236

6

228

6

689

18

2009/2010

593

224

7

225

6

 

 

 

 

 

9. Pendidik dan Tenaga Kependidikan

a.        Kepala sekolah

No

Jabatan

Nama

Jenis Kelamin

Usia

Pend. Akhir

Masa Kerja

L

P

 

 

 

1.

Kepala Sekolah

Hi. SUKIRMAN, S.Pd

1

-

59

S1

3 th

2.

Wakil Kepala Sekolah

DJOKO PITOYO

1

-

50

D1

3 th

b.      Guru

1.Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah

No.

Tingkat Pendidikan

Jumlah dan Status Guru

Jumlah

GT/PNS

GTT/Guru Bantu

L

P

L

P

1.

S3/S2

-

-

-

-

-

2.

S1

15

20

1

3

39

3.

D-4

-

-

-

-

-

4.

D3/Sarmud

5

5

-

-

10

5.

D2

-

3

-

-

3

6.

D1

1

4

-

-

5

Jumlah

21

32

1

3

57

 

 

 

2.                  Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)

No.

Guru

Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar

Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajar

Jumlah

D1/D2

D3/

Sarmud

S1/D4

S2/S3

D1/D2

D3/

Sarmud

S1/D4

S2/S3

 

1.

IPA

-

1

10

-

-

-

-

-

9

2.

Matematika

1

2

5

-

-

-

-

-

7

3.

Bahasa Indonesia

-

-

6

-

-

-

-

-

6

4.

Bahasa Inggris

-

3

2

-

-

-

-

-

5

5.

Pendidikan Agama

-

-

3

-

-

-

-

-

3

6.

IPS

2

-

4

-

-

-

-

-

6

7.

Penjasorkes

-

1

2

-

-

1

-

-

4

8.

Seni Budaya

2

-

1

-

-

-

-

-

3

9.

PKn

-

-

2

-

-

-

 

-

2

10.

TIK/Keterampilan

2

-

3

-

-

-

 

-

4

11.

BK

-

-

2

-

-

-

-

-

2

12.

Bahasa Lampung

1

2

-

-

 

-

-

-

3

 

Jumlah

8

8

40

-

-

1

-

-

57

3. Pengembangan kompetensi/profesionalisme guru

No.

Jenis Pengembangan Kompetensi

Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme

Laki-lakimlah

Perempuan

Jumlah

1.

Penataran KBK/KTSP

19

30

49

3.

Penataran Metode Pembelajaran (termasuk CTL)

19

30

49

4.

Penataran PTK

21

33

54

5.

Penataran Karya Tulis Ilmiah

-

-

-

6.

Sertifikasi Profesi/Kompetensi

8

12

20

7.

Penataran PTBK

 

 

 

8.

Penataran lainnya: PAKEM

19

32

51

 

 

 

 

 

4.Prestasi guru

No.

Jenis lomba

Perolehan kejuaraan 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir

Tingkat

Jumlah Guru

1.

Lomba PTK

Nasional

 

Provinsi

 

Kab/Kota

 

2.

Lomba Karya tulis Inovasi Pembelajaran

Nasional

 

Provinsi

 

Kab/Kota

 

3.

Lomba Guru Berprestasi

Nasional

 

Provinsi

1

Kab/Kota

1

4.

Lomba lainnya: ...............................

 

Nasional

 

Provinsi

 

Kab/Kota

 

4.

 

Nasional

 

Provinsi

 

Kab/Kota

 

 

 

 

c.       Tenaga Kependidikan: Tenaga Pendukung

No.

Tenaga pendukung

Jumlah tenaga pendukung dan kualifikasi pendidikannya

Jumlah tenaga pendukung Berdasarkan Status dan Jenis Kelamin

Jumlah

≤ SMP

SMA

D1

D2

D3

S1

PNS

Honorer

L

P

L

P

1.

Tata Usaha

-

5

-

-

-

-

3

1

1

 

5

2.

Perpustakaan

-

2

-

-

-

-

-

-

-

2

2

3.

Laboran lab. IPA

-

-

-

-

1

-

-

-

-

1

1

4.

Teknisi lab. Komputer

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

5.

Laboran lab. Bahasa

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

6.

PTD (Pend Tek. Dasar)

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

-

7.

Kantin

-

2

-

-

-

-

-

-

-

2

2

8.

Penjaga Sekolah

1

-

-

-

-

-

-

-

1

-

1

9.

Tukang Kebun

2

-

-

-

-

-

-

-

2

-

2

10.

Keamanan

-

1

-

-

-

-

-

-

1

-

1

11.

Lainnya: ...................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

3

10

 

 

1

 

3

1

5

5

14

 

10. a)  Data Ruang Belajar (Kelas)                         

Kondisi

Jumlah dan ukuran

Jml. ruang lainnya

yg digunakan untuk r. Kelas

(e)

Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas

(f)=(d+e)

Ukuran

7x9 m2  (a)

Ukuran

> 63m2 (b)

Ukuran

< 63 m2 (c)

Jumlah (d) =(a+b+c)

 

 

Baik

6

 

 

6

 

  

18

Rsk ringan

12

 

 

12

Rsk sedang

 

 

 

 

Rsk Berat

-

 

 

-

Rsk Total

 

 

 

 

Keterangan kondisi:

Baik

Kerusakan < 15%

Rusak ringan

15 % - < 30%

Rusak sedang

30 % - < 45%

Rusak berat

45 % - 65%

Rusak total

>65 %

      b) Data Ruang Belajar Lainnya

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi

1. Perpustakaan

1

8 x 12

Rusak Ringan

6. Lab. Bahasa

-

-

-

2. Lab. IPA

2

8 x 15

Rusak Ringan

7. Lab. Komputer

1

7x8

Baik

3. Ketrampilan

1

8 x 15

Rusak Ringan

8. PTD

-

-

-

4. Multimedia

1

8 x 12

Baik

9. Serbaguna/aula

1

8x15

Rusak Ringan

5. Kesenian

-

-

-

10. ……………

 

-

-

-

       

c) Data Ruang Kantor

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

1. Kepala Sekolah

1

3 x 5 m

Sedang

2. Wakil Kepala Sekolah

1

3 x 4 m

Sedang

3. Guru

1

7 x 18 m

Sedang

4. Tata Usaha

1

7 x 9

Sedang

5. Tamu

1

 

Sedang

Lainnya: ………………

 

 

 

      d) Data Ruang Penunjang

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi*)

Jenis Ruangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi

1. Gudang

-

-

 

10. Ibadah

1

7 x 7

 

2. Dapur

1

5 x 8

 

11. Ganti

-

-

 

3. Reproduksi

-

-

 

12. Koperasi

1

5 x 7

 

4. KM/WC Guru

3

2 x 3

 

13. Hall/lobi

-

-

 

5. KM/WC Siswa

8

2 x 3

 

14. Kantin

1

5 x 7

 

6. BK

1

4 x 6

 

15. Rumah Pompa/ Menara  Air

1

2 x 3

 

7. UKS

1

4 x 6

 

16. Bangsal Kendaraan

2

-

 

8. PMR/Pramuka

1

3 x 7

 

17. Rumah Penjaga

-

-

 

9. OSIS

 

 

 

18. Pos Jaga

1

2 x 2,5

 

 

 

11. Lapangan Olahraga dan Upacaraak ri

        Lapangan

Jumlah (buah)

Ukuran (pxl)

Kondisi

Keterangan

1. Lapangan Olahraga

    a. Volly Ball

    b. Basket

    c. Loncat Jauh/ Lompat tinggi

    d. Sepak Bola

    e. Tenes Meja

 

1

1

1

1

2

 

8 x 10

25 x 10

25 x 4

100x100

2,6 x 1,5

 

 

Baik

Rusak ringan

Rusak

Baik

Baik

 

2. Lapangan Upacara

1

 

 

 

12.  Kepemilikan Tanah                          :   Pemerintah/yayasan/pribadi/menyewa/menumpang*)

        Status Tanah                                        :   SHM/HGB/Hak Pakai/Akte Jual Beli/Hibah*)

        Luas Lahan/Tanah                              :   10.000 m2

            Luas Tanah Terbangun                      :   2.422 m2

        Luas Tanah Siap Bangun                   :     300  m2

        Luas Lantai Atas Siap Bangun         :            m2

        *) Coret yang tidak perlu

 

 

A. Profil Sekolah

1.   Nama Sekolah                         :  SMP NEGERI 1 Kalirejo

2.   No. Statistik Sekolah              : 201120211034 

3.  Tipe Sekolah                           :  B

4.  Alamat Sekolah                      : Jl. Ki Hajar Dewantoro No. 1 Kaliwungu

                                                      : (Kecamatan) Kalirejo

                                                      :  (Kabupaten/Kota ) Lampung Tengah

                                                      :  (Propinsi) Lampung

5.   Telepon/HP/Fax                      :  0729-370182/ smpkalirejosmp@yahoo.co.id

6.   Status Sekolah                        :  Negeri

7.   Nilai Akreditasi Sekolah         :  B (Baik)

 
B. VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

 

A.  Visi      : ”Menjadikan Sekolah Unggul dalam Prestasi, Terdepan dalam Iptek dan Teladan dalam Iman dan Taqwa.”

 

      Indikator :

1.      Unggul dalam Prestasi Akademik, meliputi :

Ø  Unggul dalam hasil ujian nasional

Ø  Unggul dalam lomba Olimpiade MIPA

Ø  Unggul dalam lomba pidato Bhs. Inggris

Ø  Unggul dalam lomba KIR

 

2.      Unggul dalam Prestasi Non Akademik, meliputi :

Ø  Dalam bidang Olahraga :

-          Sepakbola, Tenis Meja, Bola Voly, Bulu Tangkis, Athletik

Ø  Unggul dalam Kepramukaan

Ø  Unggul dalam PMR

Ø  Unggul dalam bidang Kesenian :

-          Seni Musik, Seni Lukis, Vocal Group, Group Band, Seni Tari

Ø  Unggul dalam Budi Pekerti

Ø  Unggul dalam penerapan 7 K

Ø  Unggul dalam keimanan dan ketaqwaan

Ø  Unggul dalam Life Skill :

-          Keterampilan Komputer/Tinkom

-          Keterampilan Tapis

-          Keterampilan Elektronika

 

B.  Misi           :

1.      Meningkatkan kualitas pembelajaran :

-          Meningkatkan profesionalitas guru dan pegawai

2.      Melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran sekolah

3.      Menanamkan budaya 7 K pada semua warga sekolah

4.      Melengkapi sarana prasarana pendidikan keterampilan

5.      Meningkatkan pelatihan-pelatihan keterampilan

6.      Meningkatkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama sesuai agama yang dianut

 

 

C. Tujuan

 

1. Tujuan Umum

Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar  dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan berikut :

Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

2. Tujuan Sekolah

Tujuan Jangka Menengah (5 tahun) 2011:

Prestasi Akademik :

Ø  Rata-rata nilai ujian nasional 7,50

Ø  Juara I Olimpiade MIPA tingkat Propinsi

Ø  Juara I KIR tingkat Propinsi

Ø  Memiliki english club

Prestasi Non Akademik :

Ø  Juara Olah raga Bulu tangkis tingkat Propinsi

Ø  Juara Olah raga Sepak bola, Bola Volly, , Tenis meja, Atletik tingkat Kecamatan 

Ø  Pramuka Berprestasi di tingkat Propinsi

Ø  PMR Berprestasi di tingkat Kabupaten

Ø  Juara Seni Lukis tingkat Propinsi

Ø  Juara Seni Musik : Paduan Suara, Vocal Group, Group Band tingkat Propinsi

Ø  Memiliki penari-penari yang menguasai minimal 3 tari daerah

Ø  90% siswa melaksanakan ajaran agama yang dianut

Ø  100% siswa muslim mampu membaca al-qur’an

Ø  Juara lomba MTQ Pelajar tingkat Propinsi

Ø  Juara Sekolah Sehat tingkat Kabupaten

Ø  75% siswa bisa menguasai Internet

Ø  Mampu menghasilkan karya sulaman tapis yang memiliki nilai jual

Ø  Mampu membuat pemancar Radio

Ø  90% memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) penyelenggaraan Pendidikan

 

Kepala Sekolah,

 

 

                                                                                                Dra. Usa Hartini

                                                                     NIP:19610511 198803 2 006

 


Posting Komentar untuk "Judul Kurikulum Merdeka"