Judul Kurikulum Merdeka
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Undang-undang Republik
Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan
Pemerintah Republik Indonesia No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
mengamanatkan tersusunnya kurikulum pada tingkat satuan pendidikan jenjang
menengah dengan mengacu kepada standar isi dan standar kompetensi
lulusan serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional
Pendidikan (BSNP).
Dengan dasar diatas maka sejak
tahun 2006 Depdiknas sudah melakukan workshop implementasi KURIKULUM MERDEKA kepada
TPK Provinsi dan Kabupaten / Kota. Semua sekolah dapat mengimplementasikan
Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL ) selambat-lambatnya tahun
pelajarn 2009-2010.Karena beberapa faktor Depdiknas belum dapat melaksanakan
sosialisai dan pelatihan sentang standar isi dan Standar Kompetensi Lulusan
keseluruh sekolah yang ada.
SMP Negeri 1 Kalirejo sudah
menyusun Kurikulum Sekolah sejak tahun 2007, tetapi sampai tahun pelajaran
2009-2010 selalu melakukan revisi disesuaikan perkembangan , situasi dan
kondisi sekolah.Setiap penyusunan Kurikulum Sekolah pada awal tahun pelajaran
selalu membutuhkan pembiayaan atau dana untuk menyusun draft, merevisi dan
mensosialisasi.
B.
Tujuan
Tujuan umum adalah
memfasilitasi SMP penerima subsidi untuk dapat mengembangkan dan
mengimplementasikan Standar Isi ( SI ) dan Standar Kompetensi Lulusan ( SKL )
atau KURIKULUM MERDEKA dengan baik selambat-lambatnya pada tahun 2009-2010.
Tujuan Khusus adalah
meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan ketrampilan guru dan kepala sekolah
pada :
1. Standar Nasional Pendidikan ( SNP )
2. Mengembangkan / menyusun KTSP
3. Mengembangkan bahan ajar sesuai KTSP
4. Mengembangkan pembelajaran IPA dan IPS
terpadu.
5. Mengembangkan pembelajaran kontekstual
6. Mengembangkan media pembelajaran
7. Mengembangkan media pembelajaran
8. Mengembangkan penilaian berbasis kelas
9. Meningkatkan profesionalisme yang
berkelanjutan
C.
Hasil yang diharapkan
Adapun hasil yang diharapkan
dengan adanya subsidi bimbingan teknis KURIKULUM MERDEKA adalah sekolah dapat
menyusun kurikulumnya dengan benar sesuai petunjuk dari BSNP dan dapat
mengimplementasikan semua kegiatan sesuai program dan rencana yang telah di
susun berdasarkan situasi dan kondisi.
D.
Sumber dana
Subsidi Bimbingan teknis KURIKULUM
MERDEKA ini Rujukan Surat Keputusan Kepala Dinas pendidikan Propinsi Lampung .
Surat Keputusan Kepala Dinas
Pendidikan Propinsi Lampung No. 153/ III. 01 / DP.3 / P2M-SMP /Q / 2009,
tanggal 06 Juli 2009 tentang Rekapitulasi Penerima Subsidi Bimbingan Teknis
KTSP.
BAB II
PROFIL SEKOLAH
A. Profil Sekolah
1. Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 Kalirejo
2. No. Statistik Sekolah : 201120211034
3. Tipe
Sekolah : B
4. Alamat
Sekolah :
Jl. Ki Hajar Dewantoro No. 1 Kaliwungu
:
(Kecamatan) Kalirejo
: (Kabupaten/Kota ) Lampung Tengah
: (Propinsi) Lampung
5. Telepon/HP/Fax :
0729-370182/ smpkalirejosmp@yahoo.co.id
6. Status Sekolah : Negeri
7. Nilai Akreditasi Sekolah :
A (Amat Baik)
8. Data Siswa 4 (empat tahun terakhir):
Th. Pelajaran |
Jml Pendaftar (Cln Siswa Baru) |
Kelas VII |
Kelas VIII |
Kelas IX |
Jumlah (Kls. VII +
VIII + IX) |
|||||||
Jml Siswa |
Jumlah Rombel |
Jml Siswa |
Jumlah Rombel |
Jml Siswa |
Jumlah Rombel |
Siswa |
Rombel |
|||||
2005/2006 |
379 |
237 |
6 |
235 |
6 |
232 |
6 |
703 |
18 |
|||
2006/2007 |
423 |
235 |
6 |
239 |
6 |
232 |
6 |
706 |
18 |
|||
2007/2008 |
416 |
240 |
6 |
234 |
6 |
235 |
6 |
709 |
18 |
|||
2008/2009 |
413 |
225 |
6 |
236 |
6 |
228 |
6 |
689 |
18 |
|||
2009/2010 |
593 |
224 |
7 |
225 |
6 |
|
|
|
|
|||
9. Pendidik dan
Tenaga Kependidikan
a.
Kepala sekolah
No |
Jabatan |
Nama |
Jenis Kelamin |
Usia |
Pend. Akhir |
Masa Kerja |
|
L |
P |
|
|
|
|||
1. |
Kepala Sekolah |
Hi. SUKIRMAN, S.Pd |
1 |
- |
59 |
S1 |
3 th |
2. |
Wakil Kepala
Sekolah |
DJOKO PITOYO |
1 |
- |
50 |
D1 |
3 th |
b.
Guru
1.Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah
No. |
Tingkat Pendidikan |
Jumlah dan Status Guru |
Jumlah |
|||
GT/PNS |
GTT/Guru Bantu |
|||||
L |
P |
L |
P |
|||
1. |
S3/S2 |
- |
- |
- |
- |
- |
2. |
S1 |
15 |
20 |
1 |
3 |
39 |
3. |
D-4 |
- |
- |
- |
- |
- |
4. |
D3/Sarmud |
5 |
5 |
- |
- |
10 |
5. |
D2 |
- |
3 |
- |
- |
3 |
6. |
D1 |
1 |
4 |
- |
- |
5 |
Jumlah |
21 |
32 |
1 |
3 |
57 |
2.
Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai
dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
No. |
Guru |
Jumlah guru dengan
latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar |
Jumlah guru dengan
latar belakang pendidikan yang TIDAK sesuai dengan tugas mengajar |
Jumlah |
||||||
D1/D2 |
D3/ Sarmud |
S1/D4 |
S2/S3 |
D1/D2 |
D3/ Sarmud |
S1/D4 |
S2/S3 |
|
||
1. |
IPA |
- |
1 |
10 |
- |
- |
- |
- |
- |
9 |
2. |
Matematika |
1 |
2 |
5 |
- |
- |
- |
- |
- |
7 |
3. |
Bahasa Indonesia |
- |
- |
6 |
- |
- |
- |
- |
- |
6 |
4. |
Bahasa Inggris |
- |
3 |
2 |
- |
- |
- |
- |
- |
5 |
5. |
Pendidikan Agama |
- |
- |
3 |
- |
- |
- |
- |
- |
3 |
6. |
IPS |
2 |
- |
4 |
- |
- |
- |
- |
- |
6 |
7. |
Penjasorkes |
- |
1 |
2 |
- |
- |
1 |
- |
- |
4 |
8. |
Seni Budaya |
2 |
- |
1 |
- |
- |
- |
- |
- |
3 |
9. |
PKn |
- |
- |
2 |
- |
- |
- |
|
- |
2 |
10. |
TIK/Keterampilan |
2 |
- |
3 |
- |
- |
- |
|
- |
4 |
11. |
BK |
- |
- |
2 |
- |
- |
- |
- |
- |
2 |
12. |
Bahasa Lampung |
1 |
2 |
- |
- |
|
- |
- |
- |
3 |
|
Jumlah |
8 |
8 |
40 |
- |
- |
1 |
- |
- |
57 |
3. Pengembangan kompetensi/profesionalisme
guru
No. |
Jenis Pengembangan
Kompetensi |
Jumlah Guru yang telah
mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme |
||
Laki-lakimlah |
Perempuan |
Jumlah |
||
1. |
Penataran KBK/KTSP |
19 |
30 |
49 |
3. |
Penataran Metode Pembelajaran
(termasuk CTL) |
19 |
30 |
49 |
4. |
Penataran PTK |
21 |
33 |
54 |
5. |
Penataran Karya Tulis
Ilmiah |
- |
- |
- |
6. |
Sertifikasi
Profesi/Kompetensi |
8 |
12 |
20 |
7. |
Penataran PTBK |
|
|
|
8. |
Penataran lainnya: PAKEM |
19 |
32 |
51 |
|
|
|
|
|
4.Prestasi guru
No. |
Jenis lomba |
Perolehan kejuaraan 1 sampai 3
dalam 3 tahun terakhir |
|
Tingkat |
Jumlah Guru |
||
1. |
Lomba PTK |
Nasional |
|
Provinsi |
|
||
Kab/Kota |
|
||
2. |
Lomba Karya tulis Inovasi Pembelajaran |
Nasional |
|
Provinsi |
|
||
Kab/Kota |
|
||
3. |
Lomba Guru Berprestasi |
Nasional |
|
Provinsi |
1 |
||
Kab/Kota |
1 |
||
4. |
Lomba lainnya: ............................... |
Nasional |
|
Provinsi |
|
||
Kab/Kota |
|
||
4. |
|
Nasional |
|
Provinsi |
|
||
Kab/Kota |
|
c.
Tenaga Kependidikan: Tenaga Pendukung
No. |
Tenaga pendukung |
Jumlah tenaga pendukung dan
kualifikasi pendidikannya |
Jumlah tenaga pendukung
Berdasarkan Status dan Jenis Kelamin |
Jumlah |
||||||||
≤ SMP |
SMA |
D1 |
D2 |
D3 |
S1 |
PNS |
Honorer |
|||||
L |
P |
L |
P |
|||||||||
1. |
Tata Usaha |
- |
5 |
- |
- |
- |
- |
3 |
1 |
1 |
|
5 |
2. |
Perpustakaan |
- |
2 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
2 |
2 |
3. |
Laboran lab. IPA |
- |
- |
- |
- |
1 |
- |
- |
- |
- |
1 |
1 |
4. |
Teknisi lab. Komputer |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
5. |
Laboran lab. Bahasa |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
6. |
PTD (Pend Tek. Dasar) |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
7. |
Kantin |
- |
2 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
2 |
2 |
8. |
Penjaga Sekolah |
1 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
1 |
- |
1 |
9. |
Tukang Kebun |
2 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
2 |
- |
2 |
10. |
Keamanan |
- |
1 |
- |
- |
- |
- |
- |
- |
1 |
- |
1 |
11. |
Lainnya: ................... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
3 |
10 |
|
|
1 |
|
3 |
1 |
5 |
5 |
14 |
10. a) Data Ruang Belajar (Kelas)
Kondisi |
Jumlah dan ukuran |
Jml. ruang lainnya yg digunakan untuk r.
Kelas (e) |
Jumlah ruang yg digunakan u. R. Kelas (f)=(d+e) |
||||
Ukuran 7x9 m2
(a) |
Ukuran > 63m2 (b) |
Ukuran < 63 m2 (c) |
Jumlah (d) =(a+b+c) |
|
|
||
Baik |
6 |
|
|
6 |
|
18 |
|
Rsk ringan |
12 |
|
|
12 |
|||
Rsk sedang |
|
|
|
|
|||
Rsk Berat |
- |
|
|
- |
|||
Rsk Total |
|
|
|
|
|||
Keterangan kondisi:
Baik |
Kerusakan < 15% |
Rusak ringan |
15 % - < 30% |
Rusak sedang |
30 % - < 45% |
Rusak berat |
45 % - 65% |
Rusak total |
>65 % |
b)
Data Ruang Belajar Lainnya
Jenis
Ruangan |
Jumlah
(buah) |
Ukuran
(pxl) |
Kondisi*) |
Jenis
Ruangan |
Jumlah
(buah) |
Ukuran
(pxl) |
Kondisi |
1.
Perpustakaan |
1 |
8 x 12 |
Rusak Ringan |
6. Lab.
Bahasa |
- |
- |
- |
2. Lab.
IPA |
2 |
8 x 15 |
Rusak Ringan |
7. Lab.
Komputer |
1 |
7x8 |
Baik |
3.
Ketrampilan |
1 |
8 x 15 |
Rusak Ringan |
8. PTD |
- |
- |
- |
4.
Multimedia |
1 |
8 x 12 |
Baik |
9. Serbaguna/aula |
1 |
8x15 |
Rusak
Ringan |
5.
Kesenian |
- |
- |
- |
10.
…………… |
- |
- |
- |
c) Data Ruang Kantor
Jenis
Ruangan |
Jumlah
(buah) |
Ukuran
(pxl) |
Kondisi*) |
1. Kepala Sekolah |
1 |
3 x 5 m |
Sedang |
2. Wakil Kepala Sekolah |
1 |
3 x 4 m |
Sedang |
3. Guru |
1 |
7 x 18 m |
Sedang |
4. Tata Usaha |
1 |
7 x 9 |
Sedang |
5. Tamu |
1 |
|
Sedang |
Lainnya: ……………… |
|
|
|
d)
Data Ruang Penunjang
Jenis Ruangan |
Jumlah
(buah) |
Ukuran
(pxl) |
Kondisi*) |
Jenis Ruangan |
Jumlah
(buah) |
Ukuran
(pxl) |
Kondisi |
1. Gudang |
- |
- |
|
10. Ibadah |
1 |
7 x 7 |
|
2. Dapur |
1 |
5 x 8 |
|
11. Ganti |
- |
- |
|
3. Reproduksi |
- |
- |
|
12. Koperasi |
1 |
5 x 7 |
|
4. KM/WC Guru |
3 |
2 x 3 |
|
13. Hall/lobi |
- |
- |
|
5. KM/WC Siswa |
8 |
2 x 3 |
|
14. Kantin |
1 |
5 x 7 |
|
6. BK |
1 |
4 x 6 |
|
15. Rumah Pompa/ Menara Air |
1 |
2 x 3 |
|
7. UKS |
1 |
4 x 6 |
|
16. Bangsal Kendaraan |
2 |
- |
|
8. PMR/Pramuka |
1 |
3 x 7 |
|
17. Rumah Penjaga |
- |
- |
|
9. OSIS |
|
|
|
18. Pos Jaga |
1 |
2 x
2,5 |
|
11. Lapangan Olahraga dan Upacaraak ri
Lapangan |
Jumlah
(buah) |
Ukuran
(pxl) |
Kondisi |
Keterangan |
1. Lapangan Olahraga a.
Volly Ball b.
Basket c.
Loncat Jauh/ Lompat tinggi d. Sepak Bola e. Tenes Meja |
1 1 1 1 2 |
8 x 10 25 x 10 25 x 4 100x100 2,6 x 1,5 |
Baik Rusak ringan Rusak Baik Baik |
|
2. Lapangan Upacara |
1 |
|
|
|
12. Kepemilikan
Tanah : Pemerintah/yayasan/pribadi/menyewa/menumpang*)
Status Tanah : SHM/HGB/Hak Pakai/Akte
Jual Beli/Hibah*)
Luas Lahan/Tanah : 10.000
m2
Luas Tanah
Terbangun : 2.422 m2
Luas Tanah Siap Bangun : 300 m2
Luas Lantai Atas Siap Bangun : m2
*) Coret yang tidak perlu
A. Profil Sekolah
1. Nama Sekolah : SMP NEGERI 1 Kalirejo
2.
No. Statistik Sekolah :
201120211034
3.
Tipe Sekolah : B
4.
Alamat Sekolah : Jl. Ki Hajar Dewantoro No. 1 Kaliwungu
:
(Kecamatan) Kalirejo
: (Kabupaten/Kota
) Lampung Tengah
: (Propinsi)
Lampung
5. Telepon/HP/Fax : 0729-370182/ smpkalirejosmp@yahoo.co.id
6. Status
Sekolah : Negeri
7. Nilai
Akreditasi Sekolah : B (Baik)
B. VISI,
MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
A. Visi : ”Menjadikan Sekolah Unggul dalam Prestasi,
Terdepan dalam Iptek dan Teladan dalam Iman dan Taqwa.”
B. Misi :
C. Tujuan
1. Tujuan Umum
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan
dasar dirumuskan mengacu kepada tujuan
umum pendidikan berikut :
Tujuan pendidikan dasar adalah
meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta
keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
2. Tujuan Sekolah
Tujuan Jangka Menengah (5
tahun) 2011:
Prestasi Akademik :
Ø Rata-rata nilai ujian nasional
7,50
Ø Juara I Olimpiade MIPA tingkat
Propinsi
Ø Juara I KIR tingkat Propinsi
Ø Memiliki english club
Prestasi Non Akademik :
Ø Juara Olah raga Bulu tangkis
tingkat Propinsi
Ø Juara Olah raga Sepak bola,
Bola Volly, , Tenis meja, Atletik tingkat Kecamatan
Ø Pramuka Berprestasi di tingkat
Propinsi
Ø PMR Berprestasi di tingkat
Kabupaten
Ø Juara Seni Lukis tingkat
Propinsi
Ø
Juara Seni Musik :
Paduan Suara, Vocal Group, Group Band tingkat Propinsi
Ø Memiliki penari-penari yang
menguasai minimal 3 tari daerah
Ø 90% siswa melaksanakan ajaran
agama yang dianut
Ø 100% siswa muslim mampu
membaca al-qur’an
Ø Juara lomba MTQ Pelajar
tingkat Propinsi
Ø Juara Sekolah Sehat tingkat
Kabupaten
Ø 75% siswa bisa menguasai
Internet
Ø Mampu menghasilkan karya
sulaman tapis yang memiliki nilai jual
Ø Mampu membuat pemancar Radio
Ø 90% memenuhi Standar Pelayanan
Minimal (SPM) penyelenggaraan Pendidikan
Kepala
Sekolah,
Dra. Usa Hartini
Posting Komentar untuk "Judul Kurikulum Merdeka"