Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Pemahaman Akreditasi Sekolah



Akreditasi adalah pengakuan terhadap suatu lembaga pendidikan oleh badan yang berwewenang. Pengakuan ini diberikan setelah lembaga pendidikan tersebut dinilai memenuhi syarat dan kriteria tertentu.


Akreditasi itu seperti apa?

Sebagai proses, akreditasi merupakan upaya Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk menilai dan menentukan status mutu perguruan tinggi berdasarkan kriteria mutu yang telah ditetapkan. Sebagai hasil, akreditasi merupakan status mutu perguruan tinggi yang diumumkan kepada masyarakat.


Apa pentingnya akreditasi sekolah?

Tujuan akreditasi antara lain : memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya.


Apa saja yang dinilai dalam akreditasi sekolah?

Komponen-komponen yang harus dievaluasi (dinilai) dalam akreditasi sekolah meliputi: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan.


Standar apa saja untuk akreditasi sekolah? 8 Standar Penilaian Akreditasi Sekolah

  1. Standar Isi. Berhubungan dengan pelaksanaan dan pengembangan kurikulum.
  2. Standar Proses.
  3. Standar Kompetensi Lulusan.
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
  5. Standar Sarana dan Prasarana.
  6. Standar Pengelolaan.
  7. Standar Pembiayaan Pendidikan.
  8. Standar Penilaian Pendidikan.


Berikut adalah peringkat akreditasi sekolah: Peringkat akreditasi A (Unggul) Diperuntukkan bagi sekolah/madrasah yang memiliki nilai akhir akreditasi sebesar 91 – 100. Peringkat akreditasi B (Baik) Diperuntukkan bagi sekolah/madrasah yang memiliki nilai akhir akreditasi sebesar 81 – 90.


Apakah nilai akreditasi penting?

Dalam aspek umum akreditasi perguruan tinggi sifatnya sangat penting. Sebab, nilainya akan memberikan perhatian pada calon mahasiswa. Akan tetapi akreditasi jurusan juga sangat penting, terlebih untuk calon mahasiswa yang hendak memilih program studi dalam penerimaan mahasiswa baru.


Posting Komentar untuk "Pentingnya Pemahaman Akreditasi Sekolah"