Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Bagian Tulang Tengkorak dan Fungsinya

car ins insurance car insurance for car car insurance for insurance for a car insurance on a car car insurances insure car insurance insurance of car car insurance cheap


Tengkorak merupakan salah satu tulang yang penting dalam tubuh manusia. Tengkorak berfungsi melindungi organ penting di kepala, yaitu otak – yang memberikan perintah ke seluruh anggota dan organ tubuh.


Apa fungsi dari tulang tengkorak dan tulang rusuk?

Salah satu fungsi tulang adalah melindungi organ-organ penting di dalam tubuh. Misalnya, pada tubuh manusia, tulang yang melindungi paru-paru dan otak secara berturut-turut adalah tulang rusuk dan tulang tengkorak.



Apa saja yang termasuk tulang tengkorak?

Tulang tengkorak terdiri dari tulang dahi (frontal), tulang ubun-ubun (parietal), tulang pelipis (temporal), dan tulang pembentuk wajah yaitu tulang pipi, tulang baji, tulang rahang bawah (mandibula), tulang rahang atas (maksila), tulang air mata (lakrimal), dan tulang hidung (nasal).

Inilah 9 Tulang tulang yang ada dalam tengkorak manusia

1. Tulang Frontal (Tulang Dahi)

Berbentuk pipih, tulang frontal dikenal juga dengan sebutan tulang dahi. Fungsi utama dari tulang ini adalah untuk melindungi otak, sekaligus menopang struktur kepala, termasuk rongga hidung dan mata.


2. Tulang Sphenoid (Tulang Baji)

Tulang ini terletak di bawah tulang frontal. Fungsinya adalah sebagai dasar bagi tulang tengkorak. Sama seperti tulang pelipis, tulang sphenoid juga berbentuk ireguler. Fungsi dari tulang ini adalah melindungi struktur otak dan saraf.


3. Etmoid tulang apa?

Tulang etmoid adalah salah satu tulang paling kompleks yang terletak di antara kedua mata. Tulang ini hanya seukuran es batu, beratnya ringan, dan berbentuk seperti spons yang membantu membentuk rongga mata dan rongga hidung.


4. Tulang Nasal atau Tulang hidung

Tulang ini membentuk jembatan hidung yang ukuran serta bentuknya kecil dan lonjong, tetapi bisa berbeda-beda pada setiap orang. Tulang hidung berfungsi untuk mengikat tulang rawan yang membentuk kontur hidung manusia.


5. Tulang Lakrimal

Tulang berbentuk persegi panjang ini terdiri dari dua permukaan, satu menghadap hidung dan satunya lagi menghadap mata. Tulang lakrimal termasuk bagian dari sistem produksi air mata yang membentuk struktur dan menopang mata.


6. Tulang Maxilla 

maxilla adalah tulang rahang atas pada manusia dan diketahui memiliki fungsi dalam menyokong gigi-gigi yang berada dibagian atas mulut. Selanjutnya, rahang atas juga diketahui berfungsi dalam menjaga bentuk tulang hidung tetap ideal.


7. Apa fungsi mandibula?

Tulang rahang bawah atau mandibula adalah tulang wajah terbesar dan terkuat. Bentuknya seperti tapal kuda yang berfungsi untuk menahan kumpulan gigi bawah. Mandibula tidak terhubung langsung dengan tulang tengkorak lainnya.


8. Tulang zigomatik

Tulang zigomatik (dalam bahasa Inggris disebut cheekbone atau malar bone berarti tulang pipi) dalam tengkorak manusia adalah pasangan tulang tidak beraturan yang berartikulasi dengan maksila, tulang temporal, tulang sphenoid dan tulang frontal (tulang dahi)


9. Tulang oksipital

Tulang oksipital adalah tulang pipih berbentuk trapesium yang terletak di bagian tengkorak paling belakang. Tulang ini memiliki lubang yang bertindak sebagai penghubung antara sumsum tulang belakang dan otak.

Itulah Materi tentang isi tulang tulang dan manfaat tulang tengkorak yang ada di tengkorak manusia, semoga bermanfaat, indahnya berbagi salam santun dari gtk.my.id. 

Posting Komentar untuk "9 Bagian Tulang Tengkorak dan Fungsinya"