Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Unduh RPP Merdeka Belajar SD/Mi Kelas IV Mapel IPS Tema 9 Subtema 3 Topik Perilaku manusia terhadap kelestarian lingkungan


Apa yang dimaksud dengan RPP Merdeka belajar?  Merdeka belajar adalah bagaimana guru dapat melibatkan murid dalam menentukan tujuan pembelajaran lalu memberikan pilihan cara belajar serta melakukan refleksi terhadap proses dan hasil belajar. 

Merdeka tidak menerapkan cara belajar yang seragam, sebab tiap anak memiliki kecerdasan dan gaya belajar yang berbeda.


Apa yang mendasari munculnya program merdeka belajar dan apa tujuannya?

Merdeka Belajar menjadi salah satu program inisiatif Mendikbudristek Nadiem Makarim yang ingin menciptakan suasana belajar yang bahagia, baik bagi murid maupun para guru. 

Merdeka Belajar ini konon dilahirkan dari banyaknya keluhan orangtua pada sistem pendidikan nasional yang berlaku selama ini.


AKTIVITAS PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN

  1. Guru memberikan salam dan menyapa orang tua atau murid melalui grup WA.
  2. Guru menanyakan kesiapan murid dan orangtua dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh melalui grup WA.
  3. Guru mengabsen murid melalui pesan grup WA.
  4. Guru memberikan semangat dengan cara murid melakukan presensi mengucapkan dua kata semangat melalui pesan di WA.
  5. Guru memberikan informasi bahwa materi yang akan disampaikan tentang perilaku manusia terhadap kelestarian lingkungan dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
  6. Guru memberikan materi perilaku manusia terhadap kelestarian lingkungan melalui grup WA.
  7. Guru memberikan kesempatan kepada orangtua dan murid untuk merespon informasi dan materi melalui grup WA.

KEGIATAN INTI

  1. Murid dengan didampingi orangtua untuk mengamati contoh perilaku manusia terhadap lingkungan sekitar. Misalnya murid mengamati perilaku manusia yang sedang membersihkan selokan atau menanam pohon
  2. Murid menjawab pertanyaan guru tentang perilaku apa yang bisa kalian amati dilingkungan sekitar rumah?.
  3. Murid diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil pengamatannya secara bergantian melalui grup WA.
  4. Murid diberi apresiasi berupa kalimat “Anak hebat” kepada murid yang telah aktif menjawab melalui WA.
  5. Murid mengamati gambar yang diberikan guru tentang perilaku-perilaku menusia terhadap kelestarian lingkungan untuk menambahkan pemahaman.
  6. Murid mengamati gambar yang diberikan oleh guru.
  7. Murid diberikan stimulus atau rangsangan tentang perilaku-perilaku yang terdapat pada gambar ternyata bisa berdampak positif maupun negatif terhadap kelestarian lingkungan.
  8. Murid diberikan umpan balik tentang perilaku-perilaku manusia yang berdampak positif dan negatif dalam bentuk foto tabel.
  9. Murid mengamati tayangan video tentang perilaku manusia dalam menjaga pelertarian alam https://www.youtube.com/watch?v=L7SKulXyKlk
  10. Murid diberikan kesempatan untuk mennyampaikan kembali materi apa yang didapat setelah melihat tayangan video. Misalnya ayo anak-anak hebat setelah melihat tayangan tadi materi apa yang kalian tahu? Tuliskan dibuku tulis lalu difoto kirimkan melalui WA pribadi. 
  11. Murid mengirim foto hasil rangkuman materi ke WA pribadi guru.
  12. Murid diberikan apresiasi oleh guru yang sudah mengirimkan foto.
  13. Murid dan orangtua diberikan tantangan berupa proyek membuat peta pikiran tentang upaya manusia dalam menjaga kelestarian lingkungan.
  14. Murid diberikan kesempatan untuk berdiskusi tentang kesepakatan waktu pengumpulan tugas dan mengambil suara terbanyak.
  15. Murid mengirimkan peta pikiran tentang upaya menusia dalam menjaga kelestarian lingkungan dalam bentuk foto.

PENUTUP

  1. Guru memeriksa hasil identifikasi kemudian memberikan umpan balik.
  2. Guru dan murid atau orangtua melakukan refleksi tentang kegiatan yang sudah dilaksanakan.
  3. Guru menutup dengan mengucapkan terima kasih atas kerjasama murid dan orangtua.

ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  1. Whats App
  2. Media gambar perilaku-perilaku manusia dalam pelestarian lingkungan
  3. Tabel dampak positif dan negatif perilaku manusia dalam pelestarian lingkungan
  4. Video pembelajaran tentang perilaku manusia dalam menjaga pelertarian alam

https://www.youtube.com/watch?v=L7SKulXyKlk

Uuntuk Unduh RPP Merdeka Belajar SD/Mi Kelas IV Mapel IPS Tema 9 Subtema 3 Topik Perilaku manusia terhadap kelestarian lingkungan Di Link Bawah Ini :



Semoga Bermanfaat Salam GTK.MY.ID

Posting Komentar untuk "Unduh RPP Merdeka Belajar SD/Mi Kelas IV Mapel IPS Tema 9 Subtema 3 Topik Perilaku manusia terhadap kelestarian lingkungan"