Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Alternatif Login ke Info GTK melalui https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id



Sebelum kepembahasan tentang  cara login ke Info GTK melalui PTK Dapodik / https://sso.datadik.kemdikbud.go.id, alangkah baiknya Bapak dan Ibu terlebih dahulu mengetahui tentang dua hal yang akan di bahas di bawah ini.


Yang pertamama tentang Info GTK

Info GTK adalah singkatan dari informasi data guru dan tenaga kependidikan. Tampilan pada situs ini berdasarkan pada hasil entri data Manajemen Dapodik oleh operator sekolah masing-masing.


Informasi ini dapat diakses melalui laman  http://info.gtk.kemdikbud.go.id/ dengan akun PTK masing-masing dan masa aktif info GTK berlaku hanya 6 bulan atau 1 semester, operator sekolah lah yang sangat mengeahui tentang hal ini.


Manfaat info GTK Bagi Guru atai Tendik

Manfaat dari info gtk bagi Guru/pendidik sangatlah penting, apalagi bagi guru yang sudah sertifikasi. Biasanya untuk melihat atau memantau gaji sertifikasi atau inpassingnya selama 3 bulan sekali. Di antara manfaat info gtk bagi guru yaitu:

  • Guru dapat memantau hasil entri data dapodik oleh operator sekolah.
  • Guru dapat memperbaiki kesalahan data melalui operator sekolah.
  • Guru dapat memantau terbitnya Surat Keputusan Penerima Tunjangan Profesi (SKTP) dan Surat Keputusan Penerima Tunjangan lainnya.
  • Guru dapat mengetahui berbagai informasi terkait kebijakan guru antara lain sertifikasi, penyetaraan Guru Bukan PNS (GBPNS), PAK dan lainnya.


Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa guru hanya dapat melihat validasi data di Info GTK. Guru tidak dapat mengedit data yang ada pada tampilan info gtk. 

Oleh karena itu jika terjadi atau ditemukan adanya ketidakvalidan maka guru yang bersangkutan sebaiknya segera hubungi oparator sekolah.


PTK Datadik

PTK Datadik atau disebut juga PTK Dapodik adalah aplikasi web untuk login individual GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan). Ptk datadik bisa diakses malalui situs https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ .


Seperti halnya Info GTK, PTK Datadik juga merupakan hasil entri data dari manajamen aplikasi Dapadik. Dengan aplikasi ini guru dapat melihat data diri secara lengkap. Seperti biodata, beban ajar,  tugas, pendidikan,  sertifikasi, kepangkatan, KGB dan Riwayat. 

Guru dapat mem-verivikasi akun dan mengedit riwayat pendidikan. Selain itu juga guru dapat mengakses info Gtk.


Cara Login ke Info GTK melalui PTK Datadik

Cara alternatif untuk login ke Info GTK apabila situs tersebut tidak bisa diakses karena kendala dalam kesalahan password.


Caranya cukup mudah perhatikan langkah-langkahnya berikut ini :

  1. Ketik ‘info gtk’ pada browser atau klik link ini https://sso.datadik.kemdikbud.go.id
  2. Klik ‘Login Menggunakan SSO’ ini akan menunju ke https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id
  3. Setelah login berhasil dengan password yang baru, klik menu ‘Biodata --> Indentitas’.
  4. Lihat di bawah atau tarik kursor ke yang paling bawah, maka akan ada tulisan ‘Info GTK Buka Info GTK’
  5. Klik link tersebut, maka anda akan diarahkan ke situ info Gtk tanpa harus login ke situs  https://info.gtk.kemdikbud.go.id/
  6. Solusi apabila ada Kendala Pada Saat Melihat Info GTK Tapi Tidak Muncul
  7. Jika muncul halaman login Info GTK lagi, maka cukup tutup jendela tersebut kemudian ulang lagi dengan cara klik ‘Buka Info GTK’ seperti pada acara nomor 4.


Jika muncul tulisan ‘Tidak Valid’ maka klik refresh beberapa kali, maka browser akan loading untuk menampilan halaman yang valid.


Demikian penjalasan mengenai Cara Login ke Info GTK melalui PTK Datadik semoga bermanfaat.

Selanjutnya Artikel Menarik Lainya Di Bawah Ini 


Posting Komentar untuk "Cara Alternatif Login ke Info GTK melalui https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id"