Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alur Sertifikasi Guru Jalur PPG

DASAR PERUBAHAN PLPG MENJADI PPG

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru pasal 66:

  1. Bagi Guru Dalam Jabatan yang diangkat sampai dengan akhir tahun 2015 dan sudah memiliki kualilikasi akademik S-l/D-IV tetapi belum memperoleh Sertilikat Pendidik dapat memperoleh Sertifikat Pendidik melalui pendidikan profesi Guru.
  2. Pendidikan profesi Guru dimaksud pada ayat (1) dibiayai oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Masyarakat.
  3. Ketentuan mengenai tata cara memperoleh Sertifikat Pendidik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) diatur dengan Peraturan Menteri.

Program Pendidikan Profesi Guru yang selanjutnya disebut Program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan/atau pendidikan menengah (Permenristekdikti No. 55/2017 Pasal 1 butir 5)

Bentuk diklat PPG dalam jabatan adalah seperti kuliah 2 semester yang setara dengan 24 SKS, dengan cakupan materi sebagai berikut:

  • Akademik Kompetensi Dasar Pedagogik, Profesional, Sosial, dan Kepribadian
  • Bakat, Minat, Kepribadian, dan Kesamaptaan
  • Pembekalan Awal PPG
  • Lokakarya Pengembangan Perangkat Pembelajaran disertai penguatan substansi materi yang diajarkan
  • Latihan Mengajar Terbatas
  • Penguatan kompetensi sosial dan kepribadian
  • Program Praktik lapangan (PPL), yaitu praktik mengajar mandiri dengan bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing
  • Praktik Penelitian Tindakan Kelas
  • Uji Kompetensi

Penyaringan calon peserta PPG dalam jabatan ini dimulai pada akhir tahun 2017. Berbeda dengan penyaringan PLPG yang ada di tiap tahun, Penyaringan calon peserta PPG ini berlaku tidak hanya untuk pelaksanaan tahun 2018 saja, namun juga untuk tahun berikutnya yakni 2019 .

UPDATE BERITA:

Saat ini (oktober 2019) sedang ada pembukaan penyaringan calon peserta di tahun 2020 dan seterusnya, informasi dapat dilihat di:

https://lpmpbanten.kemdikbud.go.id/archives/5148

atau di : https://sergur.id/

atau menguhubungi Dinas Pendidikan setempat

Posting Komentar untuk "Alur Sertifikasi Guru Jalur PPG"