Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Panduan Guru Paud/TK Kurikulum 2013 PAUD Usia 5-6



Buku Panduan Guru TK – Download Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Usia 5-6 GRATIS. Dapatkan buku panduan pendidik atau guru PAUD untuk TK B usia 5-6 tahun sesuai Kurikulum PAUD 2013 disini. Buku ini membahas salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yaitu pendekatan tematik terpadu.

Dalam model pembelajaran tematik terpadu di PAUD, kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk satu tema, sub tema, atau sub-sub tema dirancang untuk mencapai secara bersamasama kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan mencakup sebagian atau seluruh aspek pengembangan.

Pembelajaran tematik terpadu adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk menggabungkankan berbagai macam kegiatan sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada peserta didik. Penggunaan tema akan memudahkan anak dalam memusatkan perhatian karena terpusat pada satu tema tertentu dan akan mendorong anak untuk mampu mempelajari pengetahuan dan mengembangkan berbagi kompetensi dalam tema yang sama.

Pembelajaran tematik terpadu ini lebih menekankan pada penerapan konsep belajar sambil melakukan. Oleh karena itu, guru perlu mengemas atau merancang pengalaman belajar yang akan mempengaruhi kebermaknaan belajar anak. Selain itu, penerapan pembelajaran tematik terpadu di PAUD akan sangat membantu anak dalam mengembangkan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilannya, karena dilaksanakan sesuai dengan tahap perkembangan anak yang masih melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan (holistik) dan melalui proses pembelajaran dalam konteks dunia nyata di bawa kedalam proses pembelajaran secara kreatif.

Panduan untuk Pendidik Anak Usia 5-6 tahun ini disusun untuk memberikan acuan yang rinci tentang bagaimana program-program pembelajaran PAUD dikembangkan dan dilaksanakan sesuai dengan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini yang telah ditetapkan dalam Permendikbud no. 146 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD.

Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan pendidikan yang sangat fundamental karena perkembangan anak di masa selanjutnya akan sangat ditentukan oleh berbagai stimulasi bermakna yang diberikan sejak usia dini. Di lembaga PAUD, pendidik mempunyai peran yang sangat penting untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk membantu meningkatkan kemampuan pendidik dalam melakukan stimulasi diperlukan panduan yang operasional.

Buku Panduan Guru TK A Kurikulum 2013

Download buku panduan pendidik TK A anak usia 5-6 tahun untuk pendidik TK melalui link tautan yang disediakan di bawah ini. Mohon menunggu sampai sistem menyiapkan file-nya untuk ayah bunda:

DOWNLOAD BUKU DISINI

Buku pedoman guru tk yang dapat digunakan untuk pedoman mengajar guru tersebut berisi hal-hal sebagai berikut:

1. KUNCI PEMBELAJARAN DI PAUD

A. Karakteristik cara belajar anak usia dini
B. Prinsip-prinsip pembelajaran PAUD
C. Pendekatan Tematik Terpadu
D. Pendekatan Saintifik di PAUD E. Sumber Belajar

2. PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI PAUD

A. Alur Perencanaan Pembelajaran
B. Tahapan Penyusunan Program Pembelajaran PAUD

3. PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Tahapan Pelaksanaan Pembelajaran
B. Metode Pembelajaran
C. Model Pembelajaran
D. Puncak Tema

4. PENILAIAN

A. Pengertian Penilaian
B. Tujuan Penilaian
C. Teknik-teknik Penilaian
D. Prosedur Penilaian
E. Pola Penulisan Laporan Pencapaian Perkembangan Anak (LPPA) atau raport PAUD
F. Teknik Penyampaian Hasil Penilaian
G.  Contoh Format LPPA
H. Petunjuk Praktis Pengisian LPPA

Yuk download Buku Panduan Pendidik Kurikulum 2013 PAUD Usia 5-6 GRATIS disini, nama file 0. PANDUAN USIA 5-6 TAHUN rev_jan_15.pdf .

DOWNLOAD BUKU DISINI


Pendidik PAUD sebagai ujung tombak yang bertanggungjawab dalam pembelajaran diharapkan mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan yang melibatkan seluruh aspek perkembangan sehingga tercapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara optimal. Buku panduan ini disusun untuk membantu pendidik melaksanakan tugas-tugas yang berkaitan dengan pembelajaran.

Buku Acuan Pendidik TK ini dibuat guna:

  1. Memberikan wawasan bagi pendidik dan atau pengasuh PAUD tentang kurikulum 2013 PendidikanAnak Usia Dini.
  2. Memberi contoh cara mengembangkan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 PendidikanAnak Usia Dini.
  3. Memberi contoh dan penjelasan yang memandu pendidik dan atau pengasuh untuk dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran di PAUD khususnya usia 5-6 tahun

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

Di lembaga PAUD, pendidik atau guru memiliki peran yang sangat penting untuk membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran di PAUD diatur pada sebuah kurikulum yang dikembangkan oleh lembaga.

Hal ini sesuai dengan pengertian kurikulum yang ada pada Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan bahwa Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Mengingat pentingnya pendidikan anak usia dini, maka disusunlah buku pedoman atau buku panduan guru tk b ini untuk usia 5-6 tahun.

Posting Komentar untuk "Buku Panduan Guru Paud/TK Kurikulum 2013 PAUD Usia 5-6"